PWK 28 KTC ini memang benar, settingnya SUSAH!!!, khususnya langsam. Didalam box PWK KTC ini untuk "memudahkan" setting, ada 2 nozzle jet (tempat main jet), 2 jarum skep, dan 2 nozzle (untuk di bagian moncong karbu, tetapi saya tidak pakai, apakah ngaruh? hmm saya kurang tahu juga). Jarum skep sendiri ada 3 label yaitu JJH, JJK, dan JHN dan untuk nozzle jet sama sama berlubang 8 (nyatanya gw gabisa ngerti apa bedanya antara ke3 nozzle jet tsb) hanya berlabel K, T, C... saat ini FU saya memakai pilot jet veezumi 38, main jet veezumi 115 + power/dial jet, Jarum JJH dengan clip di #3, dan nozzle jet label T....
beberapa hari yang lalu saya kesusahan setting langsam. saat di setel langsam, gas seperti nyangkut gamau turun walaupun secara mekanis sudah saya cek semua apakah kabel gas seret, selongsong gas seret, skep macet, atau ada kebocoran di intake.... di intake sendiri saya kurang yakin dengan intake standar, saya kira penyebabnya kemungkinan intake tsb (siapa tahu kan) sehingga pergilah saya ke ciledug untuk hunting intake satria FU 28 merek CLD... yap CLD... kenapa CLD... ya gapapa.... hehe... dapat juga seharga 150 kalau tidak salah..... sampai di rumah gw biarkan mesin dingin, siapin lem paking dll...
Membuka intake standar setengah mati karena baut slek gajelas.... jadi harus getok2... setelah sekian jam akhirnya bisa juga.... lalu install intake CLD pakai baut L5...
setelah diinstall.. diperhatikan ada perubahan karakter suara dari mesin maupun knalpot.... suara knalpot lebih berisi.... suara gemercik air juga lebih terdengar beserta gemercik keteng/shim (gajelas kan motor baru dah bunyi, mungkin makenya kasar)
Setelah semua terserbut ternyata masih nyangkut saja.... bingung pusing 7 keliling berbagai kombinasi pilot jet, jarum dan posisi klip dicoba.... kemaren coba pakai pilot jet 40, tapi kayak ga enak gt brebet kadang2.... lalu jarum dituker2... sehingga akhirnya kemaren balik pakai pilot jet 38... namun masih lambat turun rpmnya seperti nyangkut... ganti lagi jarum dengan yang JJH klip #3... eh langsung teratasi walau belum langsam belum seting udah turunnya cepet bgt..... lanjutlah saya setting langsam... eh nyangkut lagi... walau tidak separah tadi dan minim banget tapi tetep kerasa ada nyangkutnya.... konklusi saya adalah sebagai berikut
setiap Nozzle jet ada pasangan jarum skep sendiri dan gabisa dituker tuker... untuk karbu ini.... mungkin saya akan mengubah klip k #4 selanjutnya biar gak nyangkut sama sekali
ternyata pengubahan klip ke #4 membawa beberapa kendala, yaitu sedikit brebet di rpm tengah... wah sepertinya emang paling pas klip #3...., atau saya akan bereksperimen dengan kombinasi nozzle jet dan jarum lain?
Jdi gimna bro ?
BalasHapusJJH klip 1 buat filter stage 1, PJ/MJ 35/118 powerjet mati
Hapusklip 2 buat filter stage 2, PJ/MJ 38/118 powerjet mati
klip 3 buat filter stage 3, PJ/MJ 38/120 powerjet mati
sekarang pake PE 28 ori thai, jadi ga pusing klip jarum cuman setel PJ/MJ aja
Ane pake karbu PWK28 merek panom juga kaya gitu ya bos,RPM Turunnya Lambat.. Malah Kadang giliran RPM Turun Mesin kok Mati.. harus Starter Lagi Deh..
BalasHapusSolusinya dong Bos Bagaimana..??
Makasih..
Gnti jarum
HapusGanti merek...ada harga ada kualitas bro, kalo di bikin langsam kayak gas nyangkut di karbu kualitas jelek
HapusCoba per skep diganjal ring uk. 12 sebanyak 3 buah. Liat di youtube (mengatasi pwk susah langsam)
BalasHapusKebetulan saya pake KTC PWK ini dari bulan juli 2017. Sempet cari info di internet tentang karakter nozzle K,T,C, & jarum JJH,JJK,JHN tapi gak nemu, akhirnya mau gak mau harus di coba satu2.
BalasHapusNozzle K boros banget sepertinya untuk motor drag race bore up min.250cc keatas, saya sendiri pake 223cc masih keborosan.
Nozzle T ukurannya sama seperti nozzle bawaan PWK ori, pengkabutannya bagus banget, buka gas dikit aja rpm langsung naik ke putaran tengah (pake jarum JJK atau JJH di clip2 juga udah cukup. Gara-gara nozzle inilah PWK disebut karbu kuda jingkrak.
Nozzle C paling irit dari semua nozzle diatas, iritnya mirip dengan nozzle karbu PE28 jadi kalo mau PWK rasa PE mending pake nozzle ini aja hehe.
Jarum juga sama ada tingkat keborosan & karakter yang berbeda.
Jarum JJH jarum bawaan karbu PWK, banyak yang bilang kalo "karbu PWK disetting irit juga tetep boros" nah jarum ini nih penyebabnya, soalnya jarum ini diameternya paling kecil diantara jarum lainnya di KTC PWK.
Jarum JJK, kalo dibandingin jarum JJH jarum ini lebih irit cocok buat harian, ketemu macet juga gak masalah. Jadi bisa nih malem mingguan pake jarum ini sambil bawa si bebeb hehe.
Jarum JHN ini mirip jarum drag race, dan paling gendut diantara dua jarum sebelumnya. Kalo pake jarum ini pilotjet pasti minta naik (saking gendutnya) soalnya jadi putaran bawah gak ada tenaganya tapi putaran atasnya galak. Kalo pake jarum ini buat harian atau malem mingguan gak enak bawaannya nge gas mulu kalo ketemu macet repot.
Apakah settingan Nozzel C/T Jarum JJK cocok dengan motor scorpio? Makasih
Hapusmau nanyak ni aku pake karbu pwk koso 28 kejadian sama suah langsam rpm lama trun kira2 yg bermasalah dimnya ya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusMaksudnya gmn gan?tolong dong pencerahannya
HapusStandar 3 pilar gan
BalasHapusane pakek ktc pwk 28, awalny ragu krn terkenal ssh seting. iseng aj nyoba, alhamdulillah aman stabil dari rpm bawah bahkan top speed setara sudco bringas. PJ bawaan 34 MJ 108/ 110 spec mesin std titing di FU. power jet aktif, smoga mmbntu.
BalasHapus