1. Galvanis
galvanis adalah pipa yang paling banyak di pasaran, material yang murah, pengelasan yang gampang dan karakter suara yang unik membuat material ini banyak dipakai
Kelebihan :
-mudah didapat
-murah
-pengelasan gampang-suara lebih gemercing (untuk kenalpot 2tak)
-biasa sering di chrome (knalpot chrome di pasaran biasanya dibawahnya itu materialnya galvanis baru dilapisi chrome)
Kekurangan :-gampang sekali berkarat (bisa di atasi dengan di chrome)
-jika chrome jelek bisa ngelotok chromenya
-warna jelek terkesan gak modal
2. Stainless steel
Stainless steel sebenarnya adalah logam alloy, makanya tidak ada di tabel periodik karena logam stainless adalah campuran dari baja, chromium, nickel dll yang proporsinya disesuaikan menurut kegunaan dan penelitian pabrik sendiri2. campuran nickel sendiri membuat lapisan di permukaan logam yang mencegah logam stainless untuk berkaratKelebihan:
-elegan
-tahan karat
-tidak berpori
-perawatan mudah
-tidak ada ketertarikan logam sehingga pipa kenalpot lebih bersih dari carbon deposit sisa pembakaran
Kekurangan:
-memerlukan las khusus yang sampai ribuan derajat celcius-lebih mahal dari galvanis
-bisa menguning jika terkena panas (cepat sekali)
3. Aluminium
kadang kadang ada juga yang menyebutnya aluminum... tak apalah yang penting benda yang dimaksud sama... aluminium biasanya hanya digunakan di silencer knalpot saja sedangkan pipanya menggunakan galvanis, stainless atau material lain... kenapa bukan aluminium juga? kita bahas di kelebihan/kekurangan nya
Kelebihan:
kadang kadang ada juga yang menyebutnya aluminum... tak apalah yang penting benda yang dimaksud sama... aluminium biasanya hanya digunakan di silencer knalpot saja sedangkan pipanya menggunakan galvanis, stainless atau material lain... kenapa bukan aluminium juga? kita bahas di kelebihan/kekurangan nya
Kelebihan:
-kuat
-ringan
-harga yang lumayan murah dibanding stainless
-mudah di kerjakan/ dibuat
Kekurangan:
-gampang baret
-pengecatan harus dengan cat khusus
Kelebihan/Kekurangan
-nah khusus buat aluminium kenapa hanya dipakai di silencer saja adalah karena sifat yang satu ini. yaitu konduktifitas panas yang kira kira 3x lipat dari baja/galvanis/besi chor ini jika digunakan di silencer membuatnya cepat panas yang tidak masalah dan cepat dingin yang meminimalisir cedera terkena knalpot di parkiran... sifat ini juga alasan kenapa blok mesin biasanya menggunakan aluminium karena pelepasan panas yang efesien.. lantas kenapa pipa knalpot tidak pakai aluminium? karena pipa knalpot memerlukan kestabilan suhu yang tidak dimiliki aluminium dan juga di sekitar suhu 150 celcius aluminium jadi lembek.. struktur gak stabil di suhu tinggi, makanya kalo buat pipa knalpot gabisa digunakan material aluminium
-ringan
-harga yang lumayan murah dibanding stainless
-mudah di kerjakan/ dibuat
Kekurangan:
-gampang baret
-pengecatan harus dengan cat khusus
Kelebihan/Kekurangan
-nah khusus buat aluminium kenapa hanya dipakai di silencer saja adalah karena sifat yang satu ini. yaitu konduktifitas panas yang kira kira 3x lipat dari baja/galvanis/besi chor ini jika digunakan di silencer membuatnya cepat panas yang tidak masalah dan cepat dingin yang meminimalisir cedera terkena knalpot di parkiran... sifat ini juga alasan kenapa blok mesin biasanya menggunakan aluminium karena pelepasan panas yang efesien.. lantas kenapa pipa knalpot tidak pakai aluminium? karena pipa knalpot memerlukan kestabilan suhu yang tidak dimiliki aluminium dan juga di sekitar suhu 150 celcius aluminium jadi lembek.. struktur gak stabil di suhu tinggi, makanya kalo buat pipa knalpot gabisa digunakan material aluminium
4. Carbon Fiber
sebenarnya banyak jenis dari material ini yaitu carbon reinforced plastic, carbon fiber, carbon dlltapi kita bahas yang umum aja untuk knalpot, nah carbon fiber ini juga biasanya hanya untuk silencer saja kenapa? hal ini karena Kelebihan nya yaitu susah menyerap panas, untuk silencer bagus dong biar gak kenapa2 jika kaki terkena silencer... tapi bayangkan jika pipa kenalpot memakai bahan ini? pipa knalpot kan perlu suhu untuk bekerja dengan optimal
Kelebihan:
-elegant look
-tidak bisa berkarat :) hhe-Kuat
-susah tergores
-tidak panas
Kekurangan:
-mahal
-susah didapat
-tidak bisa didaur ulang
-mahal
-susah didapat
-tidak bisa didaur ulang
5.Titanium
yap material terkahir di list kita kali ini yaitu titanium... bukan judul lagu lho yaa hehematerial yang fantastis untuk dijadikan knalpot
Kelebihan
-Tidak berkarat
-bisa berubah wana tergantung suhu
-elegan kelas paling atas
-ringan (diantara semua material diatas, titanium paling ringan)
-kuat
Kekurangan:
-Mahal (diantara semua material diatas, titanium paling mahal, untuk knalpot fantastis harga juga fantastis) fun fact aja... harga per gram titanium itu lebih mahal daripada EMAS... titanium murni lho yaaa biasa di pasaran racing itu cuma 30 - 70 % titaniumnya
-susah didapat, jika pesan harus sekali banyak-masih jarang yang bisa mengolah material ini dengan baik
yap sekian dulu sobat2... tentu saja material tidak sepenuhnya mempengaruhi performa... knalpot galvanis masih bisa mengalahkan knalpot titanium jika yang buat adalah ahli... walau ada keuntungan diantara material material tsb seperti berat, dll
nah harga knalpotnya berapaan gan? kalo saya pesan dengan design sendiri bisa ga?
BalasHapusterimakasih maaf saya mampir
yah tergantung bahan dan kerumitan gan... kalo ada duit ya semua pasti bisa gan :) di indonesia sudah ada yang custom knalpot ampe stainless ama carbon fiber, carbon kevlar... kalo titanium custom ke luar negri banyak
HapusKnalpot titanuim bisa di repair ga min ?
HapusSoalx penyok dikit ,
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuskeren bang knalpotnya !
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusBang boleh bagi tips merawat knalpot carbon?? Soalnya di knalpot R* titanium ane di silincer carbon nya koq mulai menguning ya? Padahal harganya diatas rata2 knalpotnya. Rata2 sih R* Austin gt, mulai menguning setelah beberapa lama. Apakah bisa dicegah dengan perawatan tertentu atau gak bang? Ditunggu jawabannya, terima kasih bang.
BalasHapusmungkin maksudnya bagian titanium nya? kalau karbon nya sendiri kan bukan termasuk logam sehingga gak mungkin korosi. mungkin kuning2 itu ada terkena warna dari luar misal air hujan yang nyatu ama pernis/epoxynya.... kalau pipa titaniumnya ya memang lebih mudah kuning cara dihilangkannya di autosol atau braso....
Hapusmisi gan mau tanya kalo untuk body muffler/silencer orsinil pabrikan untuk motor 4tak umumnya menggunakan bahan apa ya ? trimkasih
BalasHapusbesi di chrome biasanya
HapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusMau tanya nih, titanium sama galvanis bisa d sambungkan kah..???
BalasHapusDisambung bisa pakai rivet atau slot tapi perlu dipertimbangkan koefisien muainya beda... Kalo sambung las gabisa... Pecah
HapusMisal sambungan itu kayak gambar ke 4, pipanya dibagi 2 bagian depan dan belakang beda material itu bisa...
Hapusgan bisa riguest knlapot nya gan,soal bkan untuk mtor,tpi untuk msin penggerak 9 hp...?
BalasHapusBisa lah, tinggal ke bengkel knalpot terdekat
HapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKalo ngelas leher kenalpot titanium harus pake apa bang ?
BalasHapusKalo ngelas leher kenalpot titanium harus pake apa bang ?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKlo bahar knalpot ori matic itu biasanya apa ?
BalasHapusMisi gan mau tanya.. Ane beli knalpot murah buat fino ane.. Ko cepet bngt panas yahh. Kira2 berpengaruh gak ke mesin
BalasHapusNamanya knalpot ya pasti panas, koefisien panas material beda2 jadi ada yg lebih cepat nyerap panas ada yg lambat
HapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus