Stars

Kamis, 16 Juli 2015

Material knalpot beserta kekurangan dan kelebihannya

       sobat semua knalpot adalah faktor penting dalam sebuah mesin bensin... tugas knalpot sendiri adalah melepaskan gas buang, dan meredam suara, serta jika ada catalyc converter tugasnya bertambah 1 yaitu mereduksi emisi gas buang. tapi tahukan sobat sobat di pasaran banyak sekali jenis kenalpot bedasarkan material nya? mari kita bahas 1 per 1 beserta kelebihan dan kekurangannya


1. Galvanis
    galvanis adalah pipa yang paling banyak di pasaran, material yang murah, pengelasan yang gampang dan karakter suara yang unik membuat material ini banyak dipakai

Kelebihan :
-mudah didapat
-murah
-pengelasan gampang
-suara lebih gemercing (untuk kenalpot 2tak)
-biasa sering di chrome (knalpot chrome di pasaran biasanya dibawahnya itu materialnya galvanis baru dilapisi chrome)
Kekurangan :-gampang sekali berkarat (bisa di atasi dengan di chrome)
-jika chrome jelek bisa ngelotok chromenya
-warna jelek terkesan gak modal


2. Stainless steel
    Stainless steel sebenarnya adalah logam alloy, makanya tidak ada di tabel periodik karena logam stainless adalah campuran dari baja, chromium, nickel dll yang proporsinya disesuaikan menurut kegunaan dan penelitian pabrik sendiri2. campuran nickel sendiri membuat lapisan di permukaan logam yang mencegah logam stainless untuk berkarat

Kelebihan:
-elegan
-tahan karat
-tidak berpori
-perawatan mudah
-tidak ada ketertarikan logam sehingga pipa kenalpot lebih bersih dari carbon deposit sisa pembakaran
Kekurangan:
-memerlukan las khusus yang sampai ribuan derajat celcius
-lebih mahal dari galvanis
-bisa menguning jika terkena panas (cepat sekali)
3. Aluminium
    kadang kadang ada juga yang menyebutnya aluminum... tak apalah yang penting benda yang dimaksud sama... aluminium biasanya hanya digunakan di silencer knalpot saja sedangkan pipanya menggunakan galvanis, stainless atau material lain... kenapa bukan aluminium juga? kita bahas di kelebihan/kekurangan nya

Kelebihan:
-kuat
-ringan
-harga yang lumayan murah dibanding stainless
-mudah di kerjakan/ dibuat

Kekurangan:
-
gampang baret
-pengecatan harus dengan cat khusus

Kelebihan/Kekurangan
-nah khusus buat aluminium kenapa hanya dipakai di silencer saja adalah karena sifat yang satu ini. yaitu konduktifitas panas yang kira kira 3x lipat dari baja/galvanis/besi chor ini jika digunakan di silencer membuatnya cepat panas yang tidak masalah dan cepat dingin yang meminimalisir cedera terkena knalpot di parkiran... sifat ini juga alasan kenapa blok mesin biasanya menggunakan aluminium karena pelepasan panas yang efesien.. lantas kenapa pipa knalpot tidak pakai aluminium? karena pipa knalpot memerlukan kestabilan suhu yang tidak dimiliki aluminium dan juga di sekitar suhu 150 celcius aluminium jadi lembek.. struktur gak stabil di suhu tinggi, makanya kalo buat pipa knalpot gabisa digunakan material aluminium


4. Carbon Fiber
    sebenarnya banyak jenis dari material ini yaitu carbon reinforced plastic, carbon fiber, carbon dll
tapi kita bahas yang umum aja untuk knalpot, nah carbon fiber ini juga biasanya hanya untuk silencer saja kenapa? hal ini karena Kelebihan nya yaitu susah menyerap panas, untuk silencer bagus dong biar gak kenapa2 jika kaki terkena silencer... tapi bayangkan jika pipa kenalpot memakai bahan ini? pipa knalpot kan perlu suhu untuk bekerja dengan optimal

Kelebihan:
-elegant look
-tidak bisa berkarat :) hhe
-Kuat
-susah tergores
-tidak panas
Kekurangan:
-mahal
-susah didapat
-tidak bisa didaur ulang
5.Titanium
    yap material terkahir di list kita kali ini yaitu titanium... bukan judul lagu lho yaa hehe
material yang fantastis untuk dijadikan knalpot

Kelebihan
-Tidak berkarat
-bisa berubah wana tergantung suhu
-elegan kelas paling atas
-ringan (diantara semua material diatas, titanium paling ringan)
-kuat

Kekurangan:
-Mahal (diantara semua material diatas, titanium paling mahal, untuk knalpot fantastis harga juga fantastis) fun fact aja... harga per gram titanium itu lebih mahal daripada EMAS... titanium murni lho yaaa biasa di pasaran racing itu cuma 30 - 70 % titaniumnya
-susah didapat, jika pesan harus sekali banyak
-masih jarang yang bisa mengolah material ini dengan baik

yap sekian dulu sobat2... tentu saja material tidak sepenuhnya mempengaruhi performa... knalpot galvanis masih bisa mengalahkan knalpot titanium jika yang buat adalah ahli... walau ada keuntungan diantara material material tsb seperti berat, dll

31 komentar:

  1. nah harga knalpotnya berapaan gan? kalo saya pesan dengan design sendiri bisa ga?
    terimakasih maaf saya mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah tergantung bahan dan kerumitan gan... kalo ada duit ya semua pasti bisa gan :) di indonesia sudah ada yang custom knalpot ampe stainless ama carbon fiber, carbon kevlar... kalo titanium custom ke luar negri banyak

      Hapus
    2. Knalpot titanuim bisa di repair ga min ?

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Bang boleh bagi tips merawat knalpot carbon?? Soalnya di knalpot R* titanium ane di silincer carbon nya koq mulai menguning ya? Padahal harganya diatas rata2 knalpotnya. Rata2 sih R* Austin gt, mulai menguning setelah beberapa lama. Apakah bisa dicegah dengan perawatan tertentu atau gak bang? Ditunggu jawabannya, terima kasih bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin maksudnya bagian titanium nya? kalau karbon nya sendiri kan bukan termasuk logam sehingga gak mungkin korosi. mungkin kuning2 itu ada terkena warna dari luar misal air hujan yang nyatu ama pernis/epoxynya.... kalau pipa titaniumnya ya memang lebih mudah kuning cara dihilangkannya di autosol atau braso....

      Hapus
  8. misi gan mau tanya kalo untuk body muffler/silencer orsinil pabrikan untuk motor 4tak umumnya menggunakan bahan apa ya ? trimkasih

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Mau tanya nih, titanium sama galvanis bisa d sambungkan kah..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disambung bisa pakai rivet atau slot tapi perlu dipertimbangkan koefisien muainya beda... Kalo sambung las gabisa... Pecah

      Hapus
    2. Misal sambungan itu kayak gambar ke 4, pipanya dibagi 2 bagian depan dan belakang beda material itu bisa...

      Hapus
  14. gan bisa riguest knlapot nya gan,soal bkan untuk mtor,tpi untuk msin penggerak 9 hp...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lah, tinggal ke bengkel knalpot terdekat

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Kalo ngelas leher kenalpot titanium harus pake apa bang ?

    BalasHapus
  17. Kalo ngelas leher kenalpot titanium harus pake apa bang ?

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. Klo bahar knalpot ori matic itu biasanya apa ?

    BalasHapus
  20. Misi gan mau tanya.. Ane beli knalpot murah buat fino ane.. Ko cepet bngt panas yahh. Kira2 berpengaruh gak ke mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya knalpot ya pasti panas, koefisien panas material beda2 jadi ada yg lebih cepat nyerap panas ada yg lambat

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus