Stars

Minggu, 25 November 2012

Mengetauhi batas RPM aman mesin

ini dia...  jika agan punya motor trus pengen dinaikin ccnya, hanya ada 2 cara yang bisa ditempuh yaitu bore up dan stroke up... bore up adalah perbesaran diameter piston sedangkan stroke up adalah perpanjangan langkah piston dengan cara menggeser pin big end di kruk as atau pakai pen stroke... tapi agan agan bingung ukuran berapa piston yang harus dibeli atau ukuran pen stroke atau digeser berapa mili...  biar cc gak terlalu besar, nanti terlalu besar jadi boros sehingga ngures bensin dan duit hmmm

nah pertama tama cari spek motornya dari pabrik yang diperlukan hanya diameter piston dan panjang stroke
trus rumusnya adalah

(Phi) 3.14         X         Diameter piston kuadrat (cm)         X          Langkah piston (cm)  trusss dibagi 4
Jadi misalnya kita itung satria Fu

Diameter = 62 mm   (6.2 cm)
Stroke    =  48.8 mm (4.88 cm)

berarti

6.2  x  6.2  =  38.44
nah udah ini udah gampang

38.44  x  4.88  x 3.14  =  589.023808

lho kok gede amet? tenang kan blom dibagi 4

589.023808  /  4  =  147.255952

kalau dibulatkan jadi 150 cc deh

nah misal agan pengen naik jadi 190 cc aja deh jangan banyak banyak
dengan cara bore up jadi RPM bisa tetep tinggi
karena kalau di stroke up juga nanti rpmnya jadi bahaya jika maen di RPM maks sebelum di stroke up
saya belum jelaskan ini ya?saya lupa

batas limit dimana sebuah piston aman untuk bergerak adalah 21 meter per detik (m/s)
jika lebih piston bisa jebol/bolong tetapi ini bisa juga diatasi dengan material piston yang berkualitas namun rata rata segini maks nya. nah biasanya motor pabrik yang ada tachometernya ada redline. ini dibuat pabrik untuk mencegah orang melampaui redline dan merusak piston dan ini sudah dikalkulasi oleh ahli pabrik dan R&D pabrik tersebut

rumus untuk aman piston adalah

(2      x     Stroke (meter)     x     RPM yang dituju) /  60

oke misal satria Fu stroke 48.8 mm, untuk dijadikan meter bagi seribu (1000)
48.8  / 1000  = 0.0488
jadi ayo kita itung
redline satria pabrik adalah 11500 RPM

so,

( 2  x  0.0488  x  11500 ) / 60
= 1124.4 / 60
= 18.7 Meter per detik ( 18.7 m/s )
sangat jauh dari 21m/s
coba kita jadiin 12500 rpm
jadi total 20.3 m/s
masih aman padalah sudah lebih 1000 rpm dari redline pabrik
kalo 13500?
jadi.....sebentar ku itung dulu
=21.96
jadi sebenarnya udah bahaya maen di putaran mesin 13000 an makanya jika pasang CDI racing hati hati, banyak kasus piston jebol dan klep bengkok gara gara digeber memakai CDI unlimiter karena per klep pabrik juga disesuaikan dengan CDI pabrik, itung dulu batas amannya lalu di adjust kalau bisa

nah dari itu kita coba stroke up jadi stroke dipanjangin
ini hasil itungannya misal stroke dari 48.8 mm naik jadi 55mm

( 2   x   0.055   x   11500 ) / 60
=21.083
kan......... jadi kalau stroke up batas aman rpm jadi diturunin
padahal tadi jika 11500 RPM
18.7 m/s     sekarang jadi     21.1 m/s
sehingga kita tidak bisa lagi maen di rpm 12000 keatas dengan rasa aman
makanya mending bore up aja jadi enak RPM maen tinggi, tetapi kenapa motor drag bisa saja? biasanya kalau motor drag setelah menempuh 200 meter atau kelasnya... motor di buka dan diganti parts nya.... sehingga durabilitas tidak penting

memang nambah cc
coba kita itung CC stroke up
misal overstroke 55mm dan diameter masih normal jadi

165.9647 CC
tapi mending bore up CC naik, RPM maks tetap lagipula banyak sekali resiko stroke up jika dilakukan oleh orang yang awam yaitu tidak balancenya kruk as, melintirnya stang piston dll pokonya kemungkinan salah lebih banyak stroke up daripada bore up.... sekian terimakasih

2 komentar:

  1. kalau pakai piston hi speed seperti wiseco gmn bos? pistonspeed nya bisa di atas 21m/s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston kuat, pen piston kuat krn dr dia jg, conrodnya kuat? Bearing big end kuat? Cdi/ecu mampu?

      Hapus